Header Ads

Persebaya 1927 Geser Perseman Manokwari di Posisi Kedua

Andik Vermansah dan kawan-kawan akhirnya mampu memberikan kado indah bagi Persebaya yang segera genap berusia 86 tahun. Kado itu berupa kemenangan 2-1 atas Perseman Manokwari dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (16/6) sore. Dual gol Bajul Ijo dilesakkan Fernando Soler menit kedua dan Mario Karlovic menit ke-81. Sedangkan Perseman memperkecil ketertinggalan lewat Cornelis Kaimu menit ke-54.

Kemenangan ini mengangkat Persebaya ke peringkat dua klasemen Indonesian Premier League (IPL) 2013 dengan poin 24, menggeser Perseman dengan selisih satu poin. Puncak klasemen masih dikuasai Semen Padang FC yang mengoleksi 25 poin. Tampil di depan pendukung sendiri, Persebaya langsung menekan pertahanan Perseman.

Babak pertama belum genap dua menit, Persebaya membuka angka lewat Fernando Soler. Berawal dari handball yang dilakukan Tomy Oropka, wasit memberikan hasiah free kick untuk Persebaya. Eksekusi tendangan bebas Mario Karlovic diteruskan tandukan Goran Gancev dan diselesaikan lewat sontekan Fernando Soler. Bajul Ijo unggul 1-0.

Perseman membalas lewat sontekan Cornelis Kaimu memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya. Beruntung bola masih menyaping di sisi kanan gawang Persebaya yang dijaga Dimas Galih. Lepas gol Soler, semangat pemain Persebaya kian terdongkrak. Sentuhan satu dua ala tiki-taka membuat pertahanan Perseman kocar-kacir.

Peluang emas kembali hadir di menit ke-19 lewat Rendi Irawan. Mendapat umpan pendek dari Mat Halil, Rendi tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang ia kurang tenang sehingga bola sepakannya dapat diamankan kiper Perseman, Caitanus Ohoilulin. Penyelamatan kembali dilakukan kiper muda Dimas Galih di menit ke-25. Dimas harus keluar dari sarangnya untuk menepis tandukan Kaimu.

Meski tak diperkuat tiga pemain intinya, TA Musafri, Michael Ndubuisi dan Stanislav Zhekov, Perseman cukup memberikan tekanan pada tuan rumah. Lini belakang bermain disiplin dan menyulitkan pergerakan Andik Vermansah serta Fernando Soler. Pada menit ke-37, Mario Karlovic melepaskan tendangan terarah dari jarak jauh. Sayang bola masih membentur mistar gawang. Persebaya menutup babak pertama dengan tembakan Mat Halil yang tidak tepat sasaran.

Masuk babak kedua Soler langsung menggebrak. Striker Argentina ini membuat peluang di menit 47 dan 49, tapi keduanya tidak berujung gol. Di menit ke-51, giliran Rendi Irawan yang mendapat kesempatan. Namun tendangan lambungnya masih terlalu tinggi. Sayang, tiga menit kemudian justru Perseman yang mampu menyamakan kedudukan. Memanfaatkan crossing datar Marcio Souza, Cornelis Kaimu yang datang dari lini kedua langsung menanduk bola tanpa bisa diantisipasi Dimas Galih.

Perseman kembali mengancam gawang Persebaya di menit ke-65. Kali ini tendangan bebas Marcio masih mampu ditepis kiper Dimas. Memanfaatkan bola muntah hasil kemelut di depan gawang Perseman, Halil melepaskan tendangan voli dari luar kotak. Sayang sepakannya masih menyaping di sisi kanan gawang.

Setelah Perseman berhasil menyamakan kedudukan, kualitas permainan Persebaya justru menurun. Berulang kali mereka melakukan salah umpan dan kehilangan konsentrasi.

Percobaan dari luar kotak penalti dilakukan Andik Vermansah di menit ke-78. Namun bola masih dapat ditepis kiper. Selang dua menit, Andik kembali mengancam lewat tendangan bebas. Tapi sekali lagi, kiper Perseman Caitanus Ohoilulin masih dapat mengamankan gawangnya.

Gol kedua Persebaya akhirnya lahir di menit ke-81. Berawal dari umpan silang Feri Ariawan, Mario Karlovic yang berdiri bebas dengan mudah mencocorkan bola ke gawang Perseman yang sudah melompong. Skor 2-1 tidak berubah hingga pertandingan usai. (*)

Susunan Pemain :

Persebaya: Dimas Galih, Goran Gancev, Nurmufid Fastabiqul Khoirot, Mat Halil, Yusuf Hamzah, Taufiq,  Jusmadi, 29.Mario Karlovic, Rendi Irawan (Feri Ariawan, 55'), Fernando Soler, Andik Vermansyah.  

Pelatih: Ibnu Grahan

Perseman: Caitanus Ohoilulin (Hidayat Berutu, 90'),Valentino Telaubun, Rizal Lestaluhu, Yosep Marandof, Jhon Pattikawa, Tommy Oropka, Ronald Maisido, Lucas Latuperissa, Hezibon Indouw (Irfan Yunus, 45'), Marcio Souza, Cornelis Kaimu. 

Pelatih: Abner Wanma







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.