Header Ads

IPL Kick Off 9 Februari 2013, Libatkan 16 Klub

IPL Kick Off 9 Februari 2013, Libatkan 16 Klub

PSSI menetapkan jadwal kick off kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2013 pada 9 Februari tahun depan. Keputusan itu tertuang dalam SK No: SKEP/140/JAH/XI/2012 tertanggal 19 November 2012 yang diteken Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin.

"Sesuai program dan agenda kerja yang telah ditetapkan oleh PT Liga Pirma Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola kompetisi IPL, maka PSSI menyetujui bahwa kick off kompetisi IPL akan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2013," demikian salah satu bunyi keputusan PSSI yang petikannya telah disampaikan kepada Komite Eksekutif PSSI, PT LPIS, dan klub peserta IPL 2013 tersebut.

CEO LPIS Widjajanto mengatakan jadwal kompetisi IPL 2013 harus mendapatkan persetujuan PSSI dan saat ini SK-nya telah keluar. "Pemilihan tanggal kick off itu merupakan hasil sinkronisasi dengan jadwal kompetisi negara-negara Asia lainnya serta saran dari AFC (Konfederasi Sepakbola Asia)," kata Widjajanto di kantornya, Jumat (11/5). Selain itu, jadwal juga memertimbangkan agenda kegiatan Timnas Indonesia.

Penyelarasan jadwal kompetisi IPL harus dilakukan agar kasus yang dialami Arema musim lalu tidak berulang. "Kemarin beberapa jadwal pertandingan Arema terpaksa diundur karena benturan dengan jadwal tanding mereka di AFC Cup," sambung Widja--sapaan akrabnya. IPL musim depan diikuti 16 klub, terdiri dari 10 klub musim lalu ditambah tiga klub juara Divisi Utama (DU), yaitu Pro Duta FC, Perseman, dan Persepar.

Sedangkan tiga klub sisanya akan diperebutkan melalui babak playoff yang digelar 26 November hingga 2 Desember. Babak playoff melibatkan empat klub masing-masing Bontang FC, Persbul Buol, PSIR Rembang, serta PSLS Lhokseumawe. Penetapan 16 klub peserta IPL tersebut diputuskan PSSI lewat SKEP/135/JAH/XI/2012.

Selain jadwal kick off IPL musim 2013, PSSI melalui SK No: SKEP/141/JAH/XI/2012 pun menyetujui tanggal kick off kompetisi Divisi Utama (DU) pada 2 Maret 2013. Manajer Persibo Nur Yahya menyambut baik ditetapkannya jadwal kick off IPL musim 2013 oleh PSSI. Kata dia, kepastian itu penting agar timnya lebih terarah dalam melakukan persiapan. "Februari saya kira bagus, tim IPL rata-rata kan belum melakukan persiapan. Kita rencananya latihan awal Desember, jadi masih ada waktu sekitar dua bulan," ujar Nur Yahya.

Hal sama dikatakan CEO sekaligus Kuasa Direksi Persebaya Gede Widiade. Hanya, Gede sedikit menyayangkan dipilihnya bulan Februari untuk menggulirkan IPL. Kompetisi musim lalu selesai bulan Juli, berarti ada jeda waktu enam bulan lebih yang dinilainya terlalu lama.

"Persebaya mulai persiapan bulan September. Semakin lama persiapan kan biayanya bertambah besar. Tapi kalau itu demi menyesuaikan dengan jadwal kompetisi Asia, ya nggak masalah," kata pengusaha Surabaya yang sukses di Jakarta ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.