Header Ads

Persepar Palangkaraya Juara Divisi Utama PT LPIS 2011/2012

Skuad PERSEPAR Palangkaraya merayakan kemenangan usai melawan PRO DUTA 0:0 pada Final Divisi Utama. Foto : IPL/arif ariadi

Persepar Palangkaraya akhirnya menjadi Juara Divisi Utama LPIS 2011/2012 setelah sukses menahan imbang Pro Duta FC  0-0. Dalam laga di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Kamis (5/7) sore, Persepar menjadi juara karena meraih poin tertinggi, yakni 4. Sedangkan Pro Duta FC meraih 2 poin, dan Perseman Manokwari hanya mendapatkan poin 1.

Kemenangan ini merupakan sejarah tersendiri bagi Persepar. Pasalnya, di empat musim sebelumnya tim ini berkutat di Divisi 1. Kemudian di musim ini berhasil masuk promosi di Divisi Utama. Cukup semusim bagi tim asuhan Agus Sutyono untuk menggapai kasta tertinggi di persepakbolaan tanah air.

Juara ini disambut gegap gempita para pemain Persepar setelah Wasit Nopendri meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan. Mereka punya sontak kegirangan. Bahkan Roberto Kwateh yang menjadi ujung tombak tim asal Palangkaraya ini langsung membuka bajunya. Dia lari ke arah bench para pemain Persepar. Mereka menyambutnya dengan suka cita.

Jalannya pertandingan sendiri memang cukup imbang. Di babak kedua tim lebih banyak melakukan penjajakan di lapangan tengah. Sesekali tusukan ke arah jantung pertahanan. Namun peluang emas belum sempat terjadi.

Peluang mulai tercipta ketika Ibi Kingsly melepaskan tembakan jarak jauh di menit 23. Namun bola masih di atas gawang Pro Duta FC.  Dua menit berselang  pemain Pro Duta, Abdul Majid Mony terkapar di tengah lapangan akibat tabrakan dengan dua pemain Persepar. Dia pun harus ditandu keluar

Tak beberapa lama, Heri Irwansyah mendapat umpan sayap kiri dari Arif Sajali, pemain sayap Pro Duta. Heri yang tinggal berhadapan dengan kiper Persepar gagal melesakkan bola ke gawang. Bola  hanya tipis di samping gawang Lendi Kewas.

Sebaliknya, beberapa kali serangan Persepar juga masih gagal di sektor pertahanan Pro Duta. Di menit 39 peluang emas tercipta untuk tim berjuluk Kuda Pegasus, sebutan Pro Duta. Arif Sajali lepas dari kawalan pemain belakang Persepar. Ia yang sudah berada  di depan gawang lawan berusaha  mencocor namun bola masih juga melenceng samping gawang.

Di babak kedua, Pro Duta mengganti Heri Irwansyah dengan Irvin Museng. Tendangan sayap menit 50 dilepaskan Irvin Museng masih gagal dan bola ditangkap kiper Lendi Kewas. Sedangkan di menit  55, umpan sayap dari Arif Sajali ke Rahmad Hidayat gagal juga diselesaikan di depan gawang Persepar

Di pertengahan babak kedua, menit 58, Abdel Hadi Lakkad masuk menggantikan Muhammad Rifqi. Permainan Pro Duta pun makin menyerang. Di menit 60 umpan Lakkad ke Rahmad Hidayat disundulnya. Tapi lagi-lagi bola hanya ke samping gawang.

Peluang emas Persepar terjadi ketika Ahmad Faizal dari sayap kiri berada di kotak 16. Dia melepaskan tembakan langsung ke arah gawang. Namun penjaga gawang Pro Duta Yudha Hananta berhasil membloknya dan bola muntah kembali ke lapangan tengah.

Sekitar 10 menit jelang bubaran, Persepar lebih banyak bertahan. Sebaliknya, Pro Duta yang memburu kemenangan cukup bernafsu untuk menekan terus pertahanan Persepar. Sayangnya hingga babak kedua usai skor tetap 0-0. (RD/du)

Susunan Pemain :

Persepar Palangkaraya : Lendi Kewas (g), George Oyedepo Oyebode, Imam Sahid, Ade Gombo/ Rohmad Dwi Adi 88’, Rudi Onu, Ibi Kingsly Collins (KK 8’), Hendra Panambunan (KK 33’), Widianto (c), Dimas Pongky (44’)/ Bayu Sunarto 77’, Roberto Kwateh, Ahmad Faizal/ Ilham Jaya Kusuma 70’

Pelatih : Agus Sutyono

Pro Duta FC : Yudha Hananta (g), Hardiansyah Lubis, Saralim Sowahu (KK 84’), Muhammad Rifqi/ Abdel Hadi Lakkad 58’, M Nur Adli, Abdul Majid Mony KK 34’), Faisal Azmi, Fransisco Javier Perez (c), Hery Irwansyah/ Irvin Museng 46’, Rahmad Hidayat (KK 47’)/ Bambang Harianto, Arif Sajali (KK 80’)

Pelatih : Roberto Bianchi

Klasemen Akhir Babak Final Divisi Utama 2011/2012 :

Persepar              2              1              1              0              1-0          4
Pro Duta FC         2              0              2              0              1-1          2
Perseman            2              0              1              1              1-2          1

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.