Header Ads

Legenda Sepakbola Indonesia Tutup Usia

Surya Lesmana

JAKARTA - Legenda sepak bola Indonesia di era 1960an, Surya Lesmana, menghembuskan nafas terakhir di usia 68 tahun. Legenda Indonesia ini meninggal hari Rabu (8/8), akibat penyakit jantung.

"Penyebab meninggal pak Surya adalah penyakit jantung dan darah tinggi. Hari Minggu kemarin, beliau sempat mengeluh tak enak badan saat sedang nonton bola dan minta dikerokin," ujar Deni, cucu dari Surya Lesmana.

Saat ini, jenazah pemilik nama asli Liem Soei Liang, masih berada di krematorium Jabar Agung, Dadap, Jakarta Barat.

Semasa hidup, Surya Lesmana, yang mengawali karier profesional bersama klub Union Makes Strength (UMS), dikenal sebagai seorang gelandang tengah yang memiliki disiplin tinggi dalam menyerang maupun bertahan.

Liem Soei Liang alias Surya Lesmana (lahir di Balaraja, Tangerang, 20 Mei 1944; umur 68 tahun) adalah seorang pemain sepak bola terkenal Indonesia di era tahun 1960an. Ia memperkuat tim nasional PSSI selama 10 tahun (1963-1972) dan Persija Jakarta selama 14 tahun (1962-1975). Ketika masa jayanya, Surya Lesmana dikenal sebagai gelandang jempolan yang memiliki kemampuan menyerang ataupun bertahan sama baiknya.

Persija Jakarta yang menyadari kehebatan Surya Lesmana pun segera meminang pada tahun 1962 dan bertahan hingga tahun 1975. Berkat penampilan konsisten Surya di level klub, Timnas Indonesia segera menarik gelandang jempolan itu pada tahun 1963 hingga 1972.

Pria kelahiran Balaraja itu juga diakui sebagai pelopor pemain Indonesia yang meniti karier di klub luar negeri. Pada tahun 1974, ia sempat semusim merumput bersama klub Hong Kong Mac Kinan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.