Header Ads

Kiper Utama Perseman yang Piawai Jadi Striker

Entah apa yang ada dibenak Caytanus Ohoilulin saat pelatih Perseman Manokwari Wanderley Junior memasangnya sebagai striker pada dua laga pamungkas Grup 5 Divisi Utama Liga Indonesia 2014.

Kebetulan reporter Bolanasional.co melihat langsung pertandingan Perseman melawan dua tim asal Blitar yaitu PSBK Blitar Kota (18/8) dan PSBI Kabupaten Blitar (22/8) dimana Caytanus Ohoilulin yang posisinya adalah penjaga gawang utama Perseman digeser posisinya secara drastis oleh Wanderley menjadi seorang ujung tombak penggedor jala lawan.

“Sedikit kaget saat pelatih meminta saya menjadi striker. Tapi sebagai pemain profesional, saya harus menerima dan menjalankan keputusan itu,” terang Caytanus Ohoilulin kepada BolaNasional.co.

Pelatih Perseman Wanderley Junior beralasan, banyaknya pemain yang cedera ditambah hukuman akumulasi kartu Kuning membuat dirinya harus mengambil keputusan menempatkan Caytanus sebagai goal getter.

“Saya dipusingkan dengan banyak pemain saya yang cedera dan terkena hukuman akumulasi kartu. Kita hanya memiliki 13 pemain yang siap tampil saat melawan PSBK dan tidak seorang pemain berposisi striker. Saya menilai Caytanus memiliki skill dan bisa bermain di posisi tersebut,” ungkap Wanderley memberikan alasan.


Caytanus pun menjalani pertandingan pertamanya sebagai striker saat Perseman menjamu PSBK. Sementara posisi penjaga gawang dipercayakan kepada kiper cadangan Delsius Ohoilulin. Pada laga itu Perseman dipaksa takluk 2-1. Meski gagal mencetak gol, penampilan Caytanus tidak terlalu mengecewakan.

Penampilan bagus Caytanus saat menjalani debut sebagai striker membuat Wanderley ketagihan memasangnya kembali saat laga pamungkas Grup 5 melawan PSBI.

Hasilnya terlihat saat pertandingan baru berjalan 8 menit, sundulannya hasil assist Yohanis Kareth dari sayap kiri berhasil menjebol gawang PSBI yang dikawal Endra Prasetya.

“Saat pelatih menunjuk saya menjadi striker itu merupakan tanggung jawab besar. Puji Tuhan saya bisa melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Gol pertama itu tidak akan saya lupakan,” beber Caytanus.

Kegembiraan Caytanus semakin lengkap tatkala menjadi penentu kemenangan Perseman atas PSBI. 
Dirinya berhasil menyelesaikan assist Yosep Marandof dan tendangan kaki Kanannya gagal dibendung 
Endra Prasetya. Perseman pun berhasil menang 3-2. Well, perjudian Wanderley pun membuahkan hasil.

“Sebelum bertanding saya berdoa agar diizinkan untuk mencetak gol. Saya sangat senang bisa mencetak gol dan membuktikan bahwa kiper juga bisa mencetak gol di Liga Indonesia,” ungkap Caytanus lagi.

Ke depan, pemain yang mengawali karir di klub Persemalra Maluku Tenggara pada 2005 ini ingin menjadi penjaga gawang yang juga bisa melaksanakan tugas sebagai seorang striker.
“Posisi saya tetap sebagai penjaga gawang. Itu posisi utama saya sejak mengawali karir sebagai pemain sepak bola. Namun pada masa datang, saya ingin bisa bermain di dua posisi yaitu kiper dan striker,” tambahnya lagi.


DATA DIRI

Nama Lengkap : Caytanus Ohoilulin
TTL : Duroa, Maluku Tenggara, 5 Oktober 1987
Tinggi/ Berat : 179 cm/ 65 kg

No Punggung : 1
Karir Klub : Persemalra Langgur (2005-2010), Perseman Manokwari (2011-sekarang)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.