Perseka Kaimana akhirnya menjadi juara Divisi I 2012 Liga Indonesia. Dalam partai final di Stadion Lebak Bulus Jakarta, Sabtu (14/7) petang, Perseka mengalahkan perlawanan PS Bangka dengan skor tipis 2-1. Tim asal Papua itu unggul terlebih dahulu lewat tendangan Jackson Osolk yang mengecoh kiper Candra Susilo. Namun di babak kedua, Perseka sempat kedodoran sehingga harus rela kebobolan lewat gol Hanto di menit 70, skor pun berubah 1-1.

Melihat skor imbang, Pelatih Perseka Mial Arman menginstruksikan pasukannya untuk memaksimalkan serangan. Hasilnya, Jackson kembali mennjebol gawang PS Bangka di menit 78 setelah lepas dari jebakan offside. Kedudukan 2-1 ini bertahan hingga usai laga.

"Saya tekankan kepada para pemain jika ingin membuat sejarah, maka inilah saatnya. Kami tidak pernah kalah sejak penyisihan dan kini lolos ke Divisi Utama hanya dalam tiga tahun sejak kami masuk ke Divisi 3," ujar Mial Arman sesuai pertandingan kepada wartawan.

Perseka Kaimana dan PS Bangka serta 6 tim Divisi I lainnya berhak melaju ke gerbang kompetisi Divisi Utama musim depan.

Sementara itu CEO  Badan Liga Amatir Indonesia Syauqi Suratno tetap menandaskan bahwa kedelapan klub tersebut tetap akan mendapatkan jatah berlaga di Divisi Utama siapapun pemimpin PSSI nya. Selain Perseka dan PS Bangka, keenam tim lainnya adalah Persebo Bondowoso, Perseba Bangkalan, Persipas Paser. Persipur Purwodadi, Persisko Bangko dan PSAB Aceh Besar.

"Tidak ada yang beda antara tahun lalu dan tahun sekarang. Di peraturan organisasi tentang kompetisi, promosi ke divisi utama adalah 8 tim jadi ke depan kita berharap kompetisi terus berjalan," ujar Syauqi.  (ms)