Header Ads

Bermain Defensif, Persiba Bantul Lolos Perempat Final Piala Indonesia

Persiba Bantul akhirnya lolos ke babak perempat final Piala Indonesia. Dalam pertandingan di Stadion Sangeng, Manokwari, tadi sore, melawan Perseman Manokwari, kedua tim hanya bermain imbang 0-0. Persiba sendiri memilih bermain bertahan daripada melakukan serangan. Dengan demikian, Persiba Bantul akan bertemu PPSMKN Magelang di babap perempat final leg 1 pada 6 Juni dan leg 2 pada 13 Juni 2012.

Hasil seri ini membawa tim asal Bantul ini melaju ke babak perempat final setelah di babak ketiga leg 1 lalu Persiba menang 2-0 atas Perseman pada Rabu (9/5) lalu di Stadion Sultan Agung, Bantul. Pelatih Persiba Bantul Sajuri Sahid hanya membawa 14 pemain ke Manokwari karena keterbatasan finansial.

“Ya, kami terpaksa bertahan total dan untungnya bisa lolos ke babak perempat final,” ungkap pelatih ini usai pertandingan. Sajuri juga mengeluhkan kondisi lapangan yang keras dan tidak merata. Diakuinya, permainan anak asuhnya cenderung negatif. Bahkan ia melihat penguasaan bola lebih banyak di Perseman dengan komposisi 70:30.

Sejak babak pertama dimulai, tim tamu memang mulai menerapkan sistem bertahan. Sebaliknya, Perseman Manokwari terus menekan pertahanan Persiba. Perseman memang berambisi untuk menang. Namun beberapa pemain tuan rumah tampak tergesa-gesa dalam penyelesaian akhirnya. Sebaliknya, pasukan asuhan Sajuri Sahid dengan pola bertahan lebih solid.
“Setiap pemain Perseman yang masuk daerah 16 tak punya kesempatan untuk bergerak. Mereka terus kita tutup. Di situ mereka mati,” tukasnya. Upaya dengan pola lainnya dilakukan Perseman lewat bola-bola crossing. Tapi strategi ini juga tak berjalan.

Menurut Sajuri, gagalnya timnya mencetak kemenangan di kandang Perseman juga disebabkan anak asuhnya kecapekan. Pasalnya, saat transit di Makassar mereka kurang istirahat. Apalagi hanya membawa kekuatan 14 pemain.(*) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.